Wednesday, December 21, 2011

Halal Bi Halal RT

     Horreee ... mama dapet arisan RT !. Seperti pada umumnya jika dapat kocokan arisan maka akan menjadi tuan rumah untuk barisan bulan depannya. Nah arisan di rumah saya ini diadakan sekaligus dengan Halal bi Halal Idul Fitri. Wah saya langsung kebayang mesti masak banyak nih. Mau masak apa ya ??!. Seringnya tetangga-tetangga saya kalau acara halal bi halal menyajikan lontong opor atau ketupat sayur. Biar nggak bosan kita milih menu makanan yang nggak umum.
     Keputusan jatuh pada Nasi Rawon Komplit, makanan Jawa Timur daerah asal bapak saya. Awalnya kita masih mikir-mikir pada doyan nggak orang-orang sama makanan kaya gitu. Tapi mengingat orang betawi punya masakan Gabus kuah pucung (kluwek), rasanya mereka bakal doyan aja tuh. Tadinya untuk pelengkap mau ditambah dengan Perkedel Tempe tapi Mama menyarankan Perkedel Kentang aja. Perkedel yang akhirnya menjadi tragedi itu hahaha...tragedi apa ??? terusin aja bacanya ya.
     Nasi Rawon Komplit ini terdiri dari nasi putih, rawon, telur asin, perkedel kentang, sambal terasi, kerupuk udang dan lalapan 3K (kecambah, ketimun, kemangi). Untuk minumannya disiapin Es Fruit Cocktail. Tim masak-masak cuma bertiga Mama, saya, dan Intan -adik saya-. Bakal kerja keras tampaknya, bikin masakan untuk 50 orang tamu plus buat makan kita sendiri. Adik ipar saya kebagian bantu ngulek bumbu-bumbu.
     Pulang ngantor saya langsung berjibaku dengan bahan-bahan fruit cocktail. Mama sudah mulai masak rawonnya, sengaja dibuat semalam sebelumnya biar bumbunya meresap. Kentang-kentang untuk perkedel pun sudah naik ke kukusan. Nah ini dia yang bikin gara-gara esok harinya.
    Beberapa hari lalu diskusi sama Mama, untuk bikin perkedel kentangnya diapain dulu. Kata Mama digoreng aja, sedangkan kata saya mendingan dikukus aja biar rupanya tetap kuning. Akhirnya usulan saya yang dipakai.
    Pagi-paginya kentang kukus itu diuleg trus dicampur sama bumbu-bumbu. Selesai diaduk rata walaaah koq lembek bener, gak bisa dibulet-buletin dong kalo gitu. Panik..panik...mesti diapain ini. "Dimana-mana bikin perkedel itu digoreng kentangnya!", "Lha udah tau mesti digoreng kenapa malah dikukus!". Mama kepikiran buat nyampurin adonan kentangnya pake ubi goreng biar agak kering. Ah tapi nanti rasanya aneh lagi. Ya udah akhirnya saya lari ke warung beli kentang lagi 2 kilo. Trus digoreng dan dicampur dengan separuh adonan perkedel tadi.
     Duh remake perkedel ini jadi nambah lama waktu masak. Untung siangnya sepupu saya datang, lumayanlah dapet pasukan bala bantuan. Huufff untung sebelum sore masakan udah kelar semua. Sesuai jadwal para ibu-ibu itu bakal datang jam 4 sore.
---  Rawon  ---

---  Perkedel hasil remake  ---
    Rawonnya kita taruh di Slow Cooker supaya tetap hangat, kalau udah berkurang di refill. Seneng deh pada doyan ternyata, yaa memang ada satu dua orang yang memang kurang suka kluwek/pucung. Makanannya juga  masih cukup buat nganterin ke beberapa rumah lagi. Gak lagi-lagi deh bikin perkedel kentangnya dikukus. Sayang banget kemaren separuh adonan (kentang 2 kilo) mesti kebuang. Pelajaran buat kalau ada acara masak-masak lagi.

---  Nasi Rawon Komplit ---


No comments:

Post a Comment